Friday, January 25, 2008

storyboard (#1)

-ketika kamu di depan rodin-

apakah ketika kamu turun di varenne
melenggang ke les invalides
berbelok ke hotel biron
terpana didepan le penseur
terasa oleh kamu
seakan meretas masa lalu
bahwa rive gauche dulu tak ada?
bahwa sama dengan kita
bantaran sungai cinta
hampir tak ada lagi
penghuninya?

-gare du nord ku-

cobalah turun di pigalle
sapakan aku gare du nord
tatapkan mataku pada sang facade
ke arah sembilan penjaga jiwa
lalu langkahkan aku ke gare de l’est
dan di depan hotel itu
aku ada memandangmu
paling tidak
akan kau rasa bau dukaku

-ketika kamu di d'orsay-

tahukah kamu
begitu senangnya aku
kerna tak terhitung
kusapa jarak
antara rue amelot ke rue de lille
dari cedex ke cedex
menghitung hari membuang cemas
tempat ku duduk melamun nasib
begitu senangnya aku
pernah kau rambah tempat mainku
begitu sedihnya aku
tak ada aku di dekatmu

-ketika di montmartre-

bukankah itu bukit para martir?
ketika sang uskup dikorbankan?
tempat loyola dan jesuit nya?
bukankah itu du tertre dan la bohème?
tempat jiwa bebas luluh lantak?
mencari arti tentang kebenaran
dan cinta?

jangan katakan bukan..
kerna paling tidak
bukankah itu tempat aku dan ibuku
menyandarkan rasa cinta
pada picasso pada dali
pada renoir pada moliere
pada van gogh dan matisse

kerna paling tidak
bukankah itu tempat aku
dan kamu tanpa sadar
menjalin cinta
lewat 'gambar' dan tulisan
dan suara?

kerna itu...
bukankah itu
tempat aku, ibuku
dan kamu...?


-menjelang paris (di kamar depan)-

pada malam musim panas
terasakah kamu
angin dingin jelang semi
dan dibalik jendela
daun gugur dan merah langit
menggigit dukamu
perih dan menusuk
tak terkatakan oleh rasa

lalu kamu sadar
betapa anehnya kita
bicara cinta berkepanjangan
ketika
alih alih
l'amour, l'argent,
et de la renommée,
donnez-moi
la vérité
give me the truth!

lalu aku sadar
ketika rue amelot bukan lagi rumahku
apakah jembatan merah
akan juga mengharu biruku
lewat duka, luka dan
tanyamu?

lalu kita sadar
bukankah
ada terpaan
angin dingin
dan daun gugur
dan merah langit
jelang semi?

(sb.paris.sept.2005)

No comments:

 
 free web counter Counter Powered by  RedCounter